FAKTA Helikopter MI-17 TNI AD Jatuh di Kendal, Lakukan Misi Latihan Terbang hingga 4 Orang Meninggal

FAKTA Helikopter MI-17 TNI AD Jatuh di Kendal, Lakukan Misi Latihan Terbang hingga 4 Orang Meninggal

June 7, 2020 0 By admin

Sebuah helikopter milik TNI AD jatuh di Kawasan Industri Kendal (KIK), Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kendal Jawa Tengah, Sabtu (6/6/2020). Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 14.15 WIB yang melibatkan helikopter tipe MI 17. Setelah terjatuh, diketahui helikopter langsung meledak dan terbakar.

Dalam penerbangan tersebut, terdapat sembilan penumpang. Dikutip dari , Helikopter MI 17 ini tengah melakukan misi latihan terbang. Misi ini dilakukan oleh Pusat Pendidikan Penerbang Angkatan Darat, Semarang, Jawa Tengah.

Latihan tersebut merupakan bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1. Diketahui, helikopter yang sedang digunakan untuk latihan akan melakukan beberapa misi. Dalam pemeriksaan, helikopter dinyatakan baik dan laik terbang.

Bahkan tidak ditemukan hal hal yang mencurigakan atau akan membahayakan penumpang. Dalam latihan terbang, pertama tama melakukan misi endurance pertama. Kala itu misi pertama berjalan aman tanpa hambatan.

Kemudian di siang hari, helikopter MI 17 itu melanjutkan misi latihan terbang endurance kedua. Dilansir , Helikopter MI 17 itu terjatuh saat melakukan misi latihan kedua. Di mana dalam misi tersebut, dilakukan latihan Tactical Manuver.

"Sekitar jam 12.35 siang, Helikopter ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang Tactical Manuver," ungkap Nefra, dilansir Kompas.com . Meski demikian, hingga saat ini penyebab pasti helikopter terjatuh masih dalam investigasi. Dari sembilan penumpang, diketahui ada empat orang yang meninggal dunia.

Masih dilansir Kompas.com , empat jenazah prajurit telah dipindahkan ke RS Polri, Semarang, Jawa Tengah. Hal tersebut dilakukan untuk kepentingan autopsi. Sedangkan lima prajurit lainnya, mengalami luka luka dan sudah dievakuasi ke RS Kariadi, Semarang, Jawa Tengah.

1. Kapten Cpn Kadek 2. Kapten Cpn Fredi 3. Kapten Cpn Y Hendro

4. Lettu Cpn Wisnu 5. Lettu Cpn Vira Yudha 6. Praka Nanang

7. Praka Rofiq 8. Praka Supriyanto 9. Praka Andi