HOAX Kabar Sabam Sirait Meninggal Dunia, Maruarar Sirait: Sehat Wal Afiat

HOAX Kabar Sabam Sirait Meninggal Dunia, Maruarar Sirait: Sehat Wal Afiat

April 17, 2020 0 By admin

HOAX kabar politisi senior PDI Perjuangan Sabam Sirait meninggal dunia! Sang anak, Maruarar Sirat mengonfirmasi, ayahnya dalam kondisi sehat wal afiat. Pesan hoax tersebut beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp.

Dalam pesan yang beredar, Sabam Sirait dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (17/5/2020) pukul 10.00 WIB. Narasi juga menyebut, Sabam meninggal dunia di RS Antam Medika Jakarta dalam usia 79 tahun. Narasi tersebut juga dilengkapi soal rencana penyemayaman jenazah yang akan dilakukan di Rumah Duka RS Siloam Semanggi.

Disebutkan pula, jenazah akan dimakamkan pada Sabtu (18/4/2020) di TPU Sandiego Hills. Di akhir narasi, tertulis, informasi tersebut diperoleh dari putri Sabam Sirait, Yulivia Sirait. Berikut narasi yang beredar:

"Berita Dukacita; Telah dipanggil Bapa Di Surga Sabam Sirait, pada: Hari : Jumat 17 April 2020 pkl.10.00 Di : RS.Antam Medika Jakarta. Usia : 79 tahun. Rencana disemayamkan: di Rumah Duka RS.Siloam Semanggi Dimakamkan: Sabtu, 18 April 2020 di TPU Sandiego Hills. Demikian Berita Duka ini diterima dari putrinya Yulivia Sirait." Kabar ini langsung ditanggapi oleh anak Sabam Sirait yang juga politisi PDI P, Maruarar Sirait. Melalui akun media sosial Instagram nya @maruararsirait, Maruarar mengunggah foto sang ayah.

Dalam keterangan foto, Maruarar menyebut, Sabam Sirait kini dalam kondisi sehat wal afiat. Maruarar juga baru saja menjalin komunikasi dengan sang ayah pada pukul 15.00 WIB. Dijelaskan Maruarar Sirait, selama tiga minggu ini, Sabam Sirait memang tengah beristirahat di rumah.

Hal itu juga sebagai bentuk menjalankan arahan pemerintah untuk melakukan social distancing. Maruarar menegaskan, informasi soal meninggalnya Sabam Sirait adalah hal yang tidak benar. Lebih lanjut, Maruarar Sirait meminta doa kepada masyarakat.

Ia juga berterima kasih atas perhatian yang diberikan kepada keluarganya. "Pak Sabam Sirait dalam kondisi sehat wal afiat. Pukul 15.00 WIB ini saya berkomunikasi dengan Papa Saya. Selama tiga minggu ini Papa istirahat di rumah yang sekaligus menjalankan arahan pemerintah untuk social distancing. Informasi yang beredar tidak benar.

Mohon doa senantisa dan terima kasih atas atensi semua pihak." Sabam Sirait merupakan politikus senior PDI Perjuangan. Kini ia menjabat sebagai anggota DPD RI periode 2019 2024.

Mengutip dari Kompas.com, Sabam terpilih menjadi anggota DPD mewakili DKI Jakarta. Sabam Sirait berhasil bertengger di posisi kedua dengan perolehan suara 626.618. Pria kelahiran 1936 tersebut tercatat menjabat sebagai wakil rakyat di DPR selama tujuh periode mulai tahun 1967.