Jelang 100 Hari Jokowi-Maruf, Kebijakan Pemindahan Ibu Kota: Kantongi Desain Gagasan Ibu Kota Baru

Jelang 100 Hari Jokowi-Maruf, Kebijakan Pemindahan Ibu Kota: Kantongi Desain Gagasan Ibu Kota Baru

January 24, 2020 0 By admin

Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Maruf Amin akan memasuki 100 hari pada 30 Januari mendatang. Terhitung sejak Kabinet Jokowi Maruf dilantik pada 23 Oktober 2019. Banyak rekam jejak kerja pemerintahan dalam Kabinet Indonesia Maju yang menjadi perhatian publik.

Bahkan, seringkali viral dan menjadi perdebatan. Kebijakan yang dilakukan Pemerintahan Jokowi Maruf yang cukup menyita perhatian publik di salah satunya soalpemindahan ibu kota baru. Rencana pemindahan ibu kota baru tersebut ditangani oleh Bappenas serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Sayembara desian ibu kota negara (IKN) telah digelar pada 2 11 Oktober 2019. Setelah melalui serangkaian penjurian pada 9 13 Oktober 2019 dan presentasi akhir di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terlipih lima gagasan desain kawasan IKN terbaik. Para pemenang tersebut mengalahkan 255 peserta dalam dan luar negeri yang memberikan gagasan desain kawasan IKN dari total 755 peserta terdaftar.

Dikutip dari , Direktur Jenderal Cipta Karya Danis H Sumadilaga selaku Panitia Pelaksana mengatakan, pemindahan IKN bukan semata mata pemindahan lokasi dan bangunan. Melainkan juga memindahkan sistem dan budaya kerja. Bukan hanya smart city atau compact city, kenyamanan dan humanisme juga harus ada di klaster pemerintahan, klaster pendidikan, riset, dan inovasi, serta klaster finansial.

Lebih dari itu, gagasan desain kawasan IKN adalah representasi kemajuan bangsa dan pemerataan ekonomi nasional. Berikut daftar para pemenang sayembara gagasan desain kawasan IKN: Konsepnya menghubungkan manusia dengan alam dan lingkungan serta memanfaatkan potensi sumber daya air sebagai bagian dari kehidupan.

Sebagai pemenang pertama, desain Negara Rimba Nusa yang dibuat oleh Urban+, berhak menerima piagam penghargaan dan hadiah sebesar Rp 2 miliar. Konsepnya adalah elevated city network sebagai bagian dari pelestarian alam Indonesia dengan penekanan pada smart city living. Desain ini hasil karya Antistatics Architecture berhak mendapatkan piagam penghargaan serta hadiah senilai Rp 1,25 miliar.

Konsepnya adalah tenunan keberagaman sebaagi perwujudan identitas bangsa Indonesia. Juara ketiga ini berhak mendapatkan piagam dan uang senilai Rp 1 miliar. Konsepnya adalah sumbu kota yang mencerminkan ruang liner dnegan kehidupan masyarakat.

Pemenang harapan I mendapatkan piagam serta uang sebesar Rp 500 juta. Konsepnya adalah parade kota formal monumental dengan perumahan berbasis kanal. Pemenang harapan II mendapatkan piagam penghargaan dan uang sebesar Rp 250 juta.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa menyebut, Badan Otorita untuk pemindahan ibu kota akan dibentuk pada akhir bulan Januari 2020. Suharso menyebut, pembentukan Badan Otorita pemindahan ibu kota tersebut harus dibahas satu kali lagi bersama Presiden Jokowi. "Karena itu kan banyak Perpres yang harus diendorse oleh beberapa kementerian, tapi kalau dari tempat lain kan belum, dan itu harus dibahas sekali lagi oleh presiden," ujar Suharso, dikutip dari .

Sebelumnya, Pemerintah pusat akan membentuk Badan Otorita persiapan sebagai langkah awal pemerintah melakukan pembangunan ibu kota baru. Suharso mengatakan, Badan Otorita diperlukan karena dalam pembentukan ibu kota baru terdapat banyak isu. Antara lain soal bagaimana daerah otonom yang akan terbentuk, daerah istimewa, hingga distrik pemerintahannya.