Legenda MU Ungkap Faktor Penyebab Turunnya Performa Liverpool Usai Juara Liga Inggris

Legenda MU Ungkap Faktor Penyebab Turunnya Performa Liverpool Usai Juara Liga Inggris

July 13, 2020 0 By admin

Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, menyebut ada satu alasan performa Liverpool menurun usai meraih gelar juara Liga Inggris. Liverpool baru saja ditahan imbang Burnley dengan skor 1 1 di Stadion Anfield, Sabtu (11/7/2020) malam hari WIB. Raihan hasil imbang tersebut memang memperpanjang rekor tak terkalahkan Liverpool di kandang sebanyak 58 laga di Liga Inggris.

Di sisi lain, hasil imbang itu juga memutuskan rekor selalu menang di kandang Liverpool dalam 23 pertandingan terakhir Liga Inggris. Soal hasil imbang itu, legenda Manchester United, Rio Ferdinand, ikut ambil suara. Dilansir BolaSport.com dari Daily Mirror, Ferdinand menyebut bahwa performa The Reds mulai menurun semenjak sudah dipastikan meraih gelar juara Liga Inggris.

Dalam empat pertandingan terakhir setelah dinobatkan sebagai juara, Liverpool hanya meraih dua kemenangan. Bahkan, Liverpool harus dipermalukan oleh Manchester City dengan skor 0 4 di Stadion Etihad. Liverpool sendiri sudah resmi menjadi kampiun Liga Inggris usai Manchester City kalah dalam laga melawan Chelsea.

Jumlah poin yang saat itu dikoleksi oleh Liverpool sudah tak mampu dikejar lagi oleh Manchester City. Dengan demikian, Liverpool menjadi juara dengan menyisakan 7 pertandingan. Ferdinand mengungkapkan bahwa menurunnya performa anak asuh Juergen Klopp adalah sesuatu yang wajar.

Mantan pemain yang mempersembahkan 6 trofi Liga Inggris untuk Manchester United itu menyebut ada satu alasan yang membuat performa Liverpool menurun. Ferdinand mengungkapkan alasan menurunnya performa Liverpool adalah karena faktor mental. Menurutnya, para pemain akan mulai tidak serius dalam bertanding dan menunjukkan mental santai.

Hal tersebut akan membuat permainan para pemain menjadi tidak sebagus biasanya. "Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa ada satu atau dua persen penurunan ketika Anda memenangkan liga," kata Ferdinand. "Kecuali Anda masih harus tampil di Liga Champions, Anda biasanya hanya duduk di sana dan bersantai," ujar Ferdinand melanjutkan.

Bahkan, mantan kapten Manchester United itu mengaku pernah mengalami hal yang sama setelah klubnya meraih gelar juara. Ferdinand bahkan sempat bermain dengan kondisi masih berbau alkohol. "Saya ingat pernah melewati Wayne Rooney dalam suatu pertandingan dan dia berkata, 'Wow, kamu bau alkohol' dan saya bilang, 'Ya, saya sudahberpestasepanjang minggu'," ucap Ferdinand.

Ferdinand juga menyebutkan bahwa kemungkinan latihan yang didapatkan pun tidak akan seketat biasanya. Rekor yang hendak dikejar Liverpool pun hanya akan seperti sepintas lalu tanpa antusiasme sama sekali. "Kamu tidak harus pergi ke mana pun, mereka bisa berada di rumah dengan panggilan Zoom, kamu tidak tahu hari ini, segalanya berbeda."

"Saya bilang padamu, ada setidaknya satu persen atau dua persen yang keluar rumah, bahkan dalam latihan, intensitasnya tidak sama, hanya sepintas lalu." "Ya, mereka berjuang untuk memecahkan rekor, tapi itu tidak sama dengan memperebutkan gelar lain atau piala lain di tempat lain," ujar Ferdinand menambahkan.