Luizinho Passos, Pelatih Kiper Asing Pertama Persib Bandung, Teruskan Tradisi Juara Liga 1

Luizinho Passos, Pelatih Kiper Asing Pertama Persib Bandung, Teruskan Tradisi Juara Liga 1

April 28, 2020 0 By admin

Nama, Luiz Fernando Silva Passos atau dikenal dengan nama Luizinho Pasos, sangatlah tidak asing di jagad sepak bola Nasional. Pelatih Kiper Persib Bandung ini, sudah berjasa menelurkanpemain ternama di jajaran Tim Nasional, seperti Muhammad Ridho, Nadeo Argawinata hingga terbaru, Gianluca Pandeynuwu. Menariknya, nama Luizinho Pasos adalah pelatih kiper Persib Bandung yang tidak berasal dari Indonesia.

Pelatih asal Brasil ini bergabung pada awal tahun ini untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Pria yang akrab disapa Passos ini dikontrak Persib Bandung untuk menggantikan posisi pelatih kiper sebelumnya, yakni Gatot Prasetyo. Gatot memutuskan mundur dari tim karena ingin fokus mengurusi pekerjaan di luar aktivitas sepakbola.

Sebelum Gatot, pelatih kiper Persib Bandung dipercayakan kepada Anwar Sanusi. Pada musim 2019, Anwar tak melanjutkan kerja sama bersama Persib Bandung. Sosok yang karib disapa Away ini sudah menjadi pelatih kiper bersama Pangeran Biru sejak 2007.

Baik Gatot maupun Away adalah mantan kiper Persib Bandung, Gatot pernah mengawal gawang Pangeran Biru di tahun 1997. Sedangkan Away adalah kiper andalan Persib Bandung saat meraih gelar juara kompetisi Liga Indonesia 1994/95. Semasa menjadi pelatih kiper, Away juga sukses membawa Persib Bandung menjadi juara ISL 2014.

Persib Bandung saat ini menempati posisi puncak klasemen Liga 1 2020. Performa apik sekaligus konsisten dari para pemain Maung Bandung menjadi alasan mengapa Persib Bandung belum terkalahkan dalam tiga laga. Selain itu, ada statistik menarik bagi Persib Bandung musim ini.

Angka ini, merupakan angka emas usia pesepakbola. Pemain sepak bola akan memiliki performa terbaik di usia 27 31 tahun. Tercatat ada 10 pemain Persib Bandung yang masuk kategori tersebut hingga Desember 2020.

Mereka adalah Erwin Ramdani, Ghozali Muharam Siregar, Ardi Idrus, Nick Kuipers, Geoffrey Castillion, Wander Luiz, Omid Nazari, Dedi Kusnandar, Dhika Bayangkara dan Kim Jeffrey Kurniawan. Angka ini tidak jauh berbeda dengan rata rata umur pemain Persib Bandung kala menjadi juara. Tim asuhan Djajang Nurdjaman kala itu memiliki umur rata rata 27,7 tahun.

Di akhir musim, Tantan dan kawan kawan berhasil meraih gelar juara Liga Indonesia setelah mengalahkan Persipura Jayapura di Final. Dengan statistik tersebut, bukan tidak mungkin Persib Bandung mengular sejarah 5 tahun lalu dengan menggondol gelar juara Liga 1 2020.