Rekap Hasil IBL 2020 Hari Pertama, Louvre Surabaya, Satria Muda dan Amartha Hangtuah Raih Kemenangan

Rekap Hasil IBL 2020 Hari Pertama, Louvre Surabaya, Satria Muda dan Amartha Hangtuah Raih Kemenangan

January 10, 2020 0 By admin

Rekap hasil IBL 2020 seri pertama di Semarang dapat disimak dalam berita ini, Jumat (10/1/2020). Pembukaan kompetisi bola basket Indonesia IBL musim 2020 diwarnak dengan ludesnya tiket pertandingan, baik secara offline maupun online. Tiga pertandingan yang tersaji pada hari pertama Seri Semarang, GOR Sahabat, yakni Bima Perkasa vs Louvre Surabaya, NSH Jakarta vs Satria Muda, dan Satya Wacana Salatiga vs Amartha Hangtuah.

“Sold out per tadi pagi sudah sold out yang on the spot. Itu ketika dibuka Alhamdulillah cepat habis. Ini 1100 itu dua sisi,” sambungnya. IBL 2020 dibuka dengan pertandingan antara Bima Perkasa Jogja kontra Louvre Surabaya. Louvre Surabaya meraih kemenangan perdana musim ini dengan mengalahkan Bima Perkasa Jogja 81 71.

Bintang Stapac yang meraih gelar MVP di partai final 2018/2019, Savon Goodman menjadi bintang dalam laga tersebut berkat 28 poin, 19 rebound dan 5 asis yang dia ciptakan, dilansir dari statistik . Bima Perkasa Jogja sebenarnya sempat mendominasi pertandingan yang kemudian unggul di babak pertama, dengan keunggulan 26 18 kuarter pertama, dan 49 42 di kuarter ketiga. Namun Louvre tancap gas di babak kedua lewat aksi Michael Kolawele yang berhasil membalikkan keunggulan untuk Louvre Surabaya menjadi 56 50 di kuarter ketiga.

Bima Perkasa sempat mengejar jadi 58 59 dari aksi Frida, namun Kolawele memastikan keunggulan Louvre Surabaya menjadi 61 59 dari hasil lemparan bebas. Louvre Surabaya tak terbendung di kuarter keempat dan akhirnya menutup laga dengan skor 81 71 dari Bima Perkasa. Di kubu Bima Perkasa yang menjadi bintang adalah Devin Richard Gilligan dengan menyumbang 24 angka.

Menurut pelatih Louvre Surabaya, tiga pemain asing yang mereka miliki mmberi keuntungan dari gaya permainan yang berbeda. "Tiga pemain asing kami memiliki gaya berbeda. Savon Goodman senang bermain inside, Martavious Irving bertipe pengatur serangan, sementara Michael Kolewale bisa bermain cepat atau lambat. Ini keuntungan buat kami," tutur Andika Supriadi Saputra, pelatih Louvre Surabaya, dikutip dari situs resmi . Satria Muda yang tampil tanpa sosok Arki Dikania Wisnu di IBL 2020 menang di laga pertama atas NSH Jakarta 59 69.

Sejak peluit dibunyikan wasit, point guard masing masing tim menunjukkan tajinya. Dashaun Wiggins (NSH Jakarta) dan Gary Jacobs Jr (Satria Muda) sama sama mencetak 9 poin dalam kuarter pertama. Dalam kuarter kedua, Wiggins dan Jacobs kembali menampilkan keunggulan mereka dengan mengemas 9 angka dan total 18 poin dalam babak pertama. Hingga akhir pertandingan, Wiggins dan Jacobs menjadi pembeda dalam timnya dengan mengoleksi masing masing 31 poin dan 23 poin.

Deshaun Wiggins juga mencatatkan 9 rebound dan 3 asis, sementara 12 rebound dan 6 asis. "Pertandingan ini adalah game defence. Kedua tim berjuang seratus persen dan sama sama nervous," kata pelatih Satria Muda, Milos Pejic. Sedangkan pelatih NSH Jakarta, Antonius Ferry Rinaldo menyesali kekalahan timnya.

"Saya, sebenarnya kami punya kesempatan untuk menang, tetapi kami banyak melakukan turn over terutama pada babak kedua," ucap Antonius Ferry. Pertandingan berhasil dimenangkan oleh Amartha Hangtuah setelah berduel ketat dengan Satya Wacana hingga perpanjangan waktu. Hasil akhir pertandingan, Kelly Purwanto dan kolega menaklukkan Cassiopeia Thomas Manuputty dkk dengan skor 115 109.

Satya Wacana sempat unggul dalam kuarter pertama dan kedua. Laga panas yang dihiasi aksi dunk Mntrell Williamns dan Hall Shane Hayward membawa mereka unggul jauh 17 5 pada kuarter pertama. Hayward yang menjadi bintang dengan koleksi 31 poin di akhir pertandingan membawa Satya Wacana menutup kuarter pertama 32 24 berkat 11 poin yang dia cetak.

Pertarungan sengit kedua tim berlanjut dalam kuarter kedua, Laquavious Catton (18 poin) dan Charles Jackson (12 poin) menyumbang poin paling banyak untuk timnya Amartha Hangtuah hingga babak pertama. Amartha Hangtuah masih tertinggal dari Satya Wacana 57 48. Pada babak kedua, kuarter ketiga dan keempat, Kedua tim berduel sengit dan saling berbagi poin.

Di sisa waktu yang ada pada kuarter keempat, lemparan bebas Catton membalikkan keunggulan menjadi 93 90. Namun beruntung, Sterling menyamakan kedudukan menjadi 93 93 berkat three poinnya di pnghujung waktu, yang kemudian laga dilanjutkan ke babak tambahan. Kapten Amartha Hangtuah, Laquavious Catton yang menjadi bintang di laga malam ini dengan koleksi 44 poin total, memastikan kemenangan timnya dengan mencetak 11 poin dalam injury time. Masing masing dari dua three poin dan dua tembakan 2 poin, serta satu lemparan bebas.

Dua poin Catton menutup pertandingan Satya Wacana vs Amartha Hangtuah dengan skor 109 115. "Luar biasa, ini pengalaman personal pertama saya. Anak anak memberikan pengorbanan luar biasa sehingga kami bisa enang hari ini," ucap pelatih kepala Amartha Hangtuah Harry Prayogo. Bima Perkasa 71 81 Louvre Surabaya

NSH Jakarta 59 69 Satria Muda Satya Wacana Salatiga 109 115 Amartha Hangtuah Pukul 13.00 WIB Pacific Caesar vs Indonesia Patriots

Pukul 15.00 WIB Louvre Surabaya vs Prawira Bandung Pukul 17.00 WIB Amartha Hangtuah vs NSH Jakarta Pukul 19.00 WIB Pelita Jaya vs Satya Wacana

Pukul 12.00 WIB Satria Muda vs Bima Perkasa Pukul 14.00 WIB Prawira Bandung vs Amartha Hangtuah Pukul 16.30 WIB Indonesia Patriots vs Pelita Jaya

Pukul 19.00 WIB Satya Wacana vs Pacific Caesar