Tak Sekadar Lindungi dari Virus, Ini 5 Keunggulan Masker Kain

Tak Sekadar Lindungi dari Virus, Ini 5 Keunggulan Masker Kain

July 30, 2020 0 By admin

Semenjak virus Covid-19 merebak, Anda pasti bisa dengan mudah menemukan tempat jual masker kain di sekitar lingkungan Anda. Penggunaan masker kain ini memang dianjurkan oleh pemerintah, sebagai bentuk perlindungan diri atas paparan partikel kecil, khususnya virus Covid-19. Mengingat penggunaannya yang makin luas, yuk simak apa saja sih keunggulan masker kain ini.

  1. Melindungi Diri dari Paparan Virus COVID-19

Dibandingkan dengan masker medis, tingkat penyaringan masker kain memang terbilang lebih rendah. Namun bukan berarti masker kain tak ampuh dalam melindungi diri Anda dari paparan virus Covid-19 dan partikel kecil lainnya yang memicu penyakit, loh! Keefektifan masker kain ini dalam menangkal partikel kecil telah dibuktikan salah satunya oleh tim peneliti dari University of Chicago.

Para peneliti ini menemukan bahwa penggunaan kain seperti katun, dapat menyaring lebih dari 80 persen partikel berukuran kecil dari 300 nanometer. Sedangkan untuk partikel berukuran lebih besar dari 300 nanometer, penyaringannya bisa lebih dari 90 persen. Baiknya, Anda gunakan kombinasi 1 lapis kain katun dan 2 lapis kain sutra atau flanel, agar fungsi masker kain jadi lebih efektif.

  1. Bisa Dipadukan dengan Pakaian yang Dikenakan

Mix and match antara pakaian dengan masker sangat penting bagi Anda yang memang suka sekali mengikuti gaya fashion terkini. Nah, dengan menggunakan masker kain, Anda bakal lebih mudah mengombinasikannya dengan pakaian yang Anda kenakan. Mengapa demikian? Alasannya karena masker kain tersedia dalam banyak pilihan warna dan motif.

Bahkan, jika Anda memesan masker kain secara khusus atau buat sendiri di rumah, Anda bisa kenakan masker yang memang motifnya Anda didesain sendiri. Dengan begini, masker yang Anda kenakan akan terlihat lebih unik dan hanya akan ada satu saja di dunia ini. Anda tetap bisa tampil fashionable setiap harinya, walau harus mengenakan masker.

  1. Ukurannya Bisa Dipilih Sesuai Ukuran Wajah

Umumnya, masker medis didesain dengan ukuran yang sama, membuatnya kadang jadi kebesaran atau mungkin kekecilan bagi sebagian orang. Nah, hal berbeda akan dirasakan jika sekiranya orang tersebut mengenakan masker yang dibuat atau dipesan khusus sesuai dengan ukuran area wajahnya. Alhasil, masker kain yang dikenakan akan terasa pas dikenakan dan membuat penggunanya jadi nyaman.

  1. Bisa Digunakan Berulang Kali

Beda dengan masker medis yang hanya bisa dipakai sekali saja, masker kain bisa Anda kenakan berkali-kali selama kondisinya masih bagus. Tentu saja, Anda harus mencucinya setiap kali Anda selesai menggunakannya. Penggunaan masker kain sendiri hanya dianjurkan selama 4 jam. Setelah lewat 4 jam, maka gantilah dengan masker kain yang baru agar tetap efektif melindungi dari virus.

  1. Harganya yang Relatif Terjangkau

Anda pasti setuju jika orang menyebutkan bahwa harga masker kain terbilang begitu terjangkau. Bahkan, Anda bisa memperolehnya secara gratis, jika Anda membuatnya sendiri dengan bahan pakaian yang tak Anda kenakan lagi. Dikarenakan harganya yang terjangkau ini, maka semua lapisan masyarakat akan bisa membelinya. Dengan begini, tak akan ada lagi orang yang tak pakai masker.

Itulah tadi 5 keunggulan yang ditawarkan oleh masker kain. Dengan memilih masker kain, maka padu padan dengan pakaian yang Anda kenakan dalam keseharian jadi lebih gampang. Tak hanya itu saja, masker kain pun dijual dengan harga relatif murah di tempat jual masker kain. Dengan begini, tak ada lagi alasan untuk Anda untuk urung memakai masker kain, ‘kan?